0








Bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja? Air terjun yang masih perawan dan alami ini dapat jadi destinasi wisata liburan. Singo berarti singa atau harimau dan kromo berarti kawin. Konon menurut warga setempat air terjun ini dijadikan tempat berkumpul dan kawin sekawanan harimau di lereng Gunung Wilis. Sempat disebut angker karena jarang ada manusia yang berani datang. Tapi kini pesona Air Terjun Singokromo ini membuat siapa saja yang datang ingin kembali lagi menikmatinya.

Air Terjun Singokromo merupakan satu dari 10 deretan air terjun yang ada di Gunung Wilis. Terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Namun yang sudah bisa dijamah oleh wisatawan hanya Air Terjun Singokromo dan tetangganya Air Terjun Sedudo. Delapan air terjun lainnya masih jarang, hanya bisa dijangkau oleh warga sekitar dengan berjalan kaki hingga puluhan kilometer karena lokasinya berada di puncak gunung dengan area sekeliling masih sangat curam. Seperti Air Terjun Banyupait, Air Terjun Banyuselawe, Air Terjun Cagak, Air Terjun Banyuiber, Air Terjun Selanjur, Air Terjun Segunting, Air Terjun Jeruk dan Air Terjun Cemoro Kandang. Sehari mau dua air terjun terlampaui bisa banget. Jadi setelah membayar tiket masuk, lalu nanti di perjalanan akan menemukan jalan percabangan. Belok kiri ke Air Terjun Singokromo , kalau lurus ke Air Terjun Sedudo.
Perjalanan menuju Air Terjun Singokromo medannya memang ekstrim. Kalau naik motor, pastikan ban motor jangan terlalu keras, kurangi anginnya biar lebih mudah. Soalnya separuh jalannya masih belum diaspal. Lebar jalan juga sempit, jadi mobil nggak bisa masuk. Bisa sebenarnya tapi tidak menjangkau tempat tiket, dan harus menempuh jalan kaki sekitar 3 - 4 kilometer dari percabangan jalan. Di perjalanan menuju Singokromo, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan gunung yg menawan dan beberapa bunga mawar. Ketegangan saat menjajaki jalan akan dimanjakan dengan keasrian alam di kanan kiri jalan.

Kondisi air terjun ini masih sangat alami dan belum ada pembangunan dari pemerintah. Hanya ada bangunan dari bambu atau kayu untuk tempat ganti. Untuk menemukan penjual makanan makanan hanya ada di sekitaran tempat parkir. Jarang yang berada di dekat air terjun, karena tidak memungkinkan tempatnya. Penjual masih menawarkan mie rebus, air mineral, atau teh hangat. Untuk tiket Air Terjun Singokromo cukup merogoh kocek lima ribu rupiah (2017). Setelah menitipkan motor, anda jalan menuju objek wisata satu ini hanya berupa jalan setapak di dalam hutan sekitar 1 kilometer untuk mencapainya. Serasa jelajah beneran dengan jalan yang curam, terjal, sempit, bebatuan dan licin. Pastikan pakai sepatu yang solnya tidak licin. Apalagi kalau musim hujan licinnya bisa berkali lipat.

Perjalanan yang butuh perjuangan terbayarkan sudah dengan keelokan Air Terjun Singokromo. Airnya bersih dan jernih, banyak pepohonan yang rimbun, ada tumbuhan merambat di sekitar air terjun, ada pohon gantung juga. Hawa disana cukup dingin, sejuk, sangat mantap untuk melepas kepenatan setelah berlama jalan kaki. Cocok buat foto juga karena sangat indah pemandangannya. Jangan lupa siapkan baterai kamera ya, abadikan momen di sana sebanyaknya. Kalau untuk berada dibawah deras air terjun mungkin sedikit bahaya karena aliran yang deras. Tapi sangat direkomendasikan untuk mampir di kolam sendang singokromo. Bisa dibilang ini anaknya Air Terjun Singokromo karena lebih kecil dan aliran airnya tidak terlalu deras, lebih tenang. Mau menyelam pun tak masalah. Berlama – lama berendam tak apa, asalkan tahan dengan dingin airnya. Letaknya tidak jauh dari Air Terjun Singokromo. Dari tempat parkir ada petunjuk arahnya, kalau belok kiri jalan menurun itu menuju ke Air Terjun Singokromo, sedangkan bila belok kanan jalan menanjak menuju ke sendang singokromo.

Mau mengunjungi air terjun lainnya di Nganjuk yang penuh akan pesona sangat bisa. Masih banyak air terjun lainnya yang tak kalah indah dibanding Air Terjun Singokromo seperti yang disebutkan diatas. Jadikan liburanmu menyenangkan dengan menciptakan pengalaman baru untuk mengunjungi kawasan wisata ini.



Posting Komentar

 
Top