23
Pencari Ilmu Makin Tahu Semakin Tidak Tahu Pengumuman. Alhamdulillah. Akhirnya naik level juga. Bukannya lega, tetapi makin banyak yang harus dikerjakan dan dipelajari. Tantangannya semakin sulit, ibarat rintangan dalam suatu game. Kalau yang pertama tentang cara membuat blog, kini tentang optimasi dan template atau biasa disebut tema. Ternyata banyak ya. Buat blog tidak asal buat dan posting. Ada hal lain yang perlu ditelusuri. Semakin berasa tidak tahunya, kan?

pencari-ilmu-makin-tahu-semakin-tidak-tahu.png

Untuk optimasi diberi materi file dengan format pdf (untuk pengguna wordpress) dan tutorial dasar di website untuk pengguna blogspot. Setelah optimasi selesai dicoba kini saatnya mengganti template. Memang banyak tema atau template yang ditawarkan oleh blogger. Tetapi apakah kita hanya akan pakai itu-itu saja? Kuy explore yang lain. Dunia itu luas. Wehee. Kak Wildan (mentor) memberi beberapa template blogger yang bisa di download, karena memang template ini dibagikan secara legal. Seperti theme platinum, viomagz igniel, theme ijonk dan lainnya. Namun disarankan memakai theme ijonk karena cocok buat blog pribadi.

Kami diberi tutorial lewat video untuk mengubah tema atau template pada blogger. Jelas ini sangat memperjelas sekali. Hehehe. Bentuk file template itu XML, jadi harus dibuka pakai aplikasi Notepad kemudian copy paste di settingan template blog. Isinya coding semua :D

Selesai sudah yang terakhir membuat menu bar. Tutorialnya di share bentuk file pdf. Kita hanya perlu mengikuti setiap jejak langkah yang harus ditapaki. Cek dahulu jikalau sudah pas dan berjodoh jangan lupa simpan ya. Oh iya, kenapa harus di atur pola pada blog? Hal ini untuk memudahkan pembaca agar lebih nyaman mengunjungi blog dan betah berlama-lama. Maka banyak tulisan kita pula yang dibaca. Coba kalau kita mengunjungi sebuah blog yang isinya amburadul? Nggak enak kan? Nah, itu.

Sampun. Sila teman-teman untuk komen sepuas-puasnya dan saran untuk saya beserta blog mungil ini. Baca juga pengamalanku di level sebelumnya di sini, Pencari Ilmu Tanpa Batas. Gomawo. Salam literasi, menginspirasi negeri! See ya!



Posting Komentar

  1. Masya Allah jadi ngoding juga sampainya ... lanjutkan!!!

    BalasHapus
  2. Itu mah coding nya udah ada, tinggal copy paste aja mas hehehe nggak usah pusing" buat coding:D

    BalasHapus
  3. Semangat belajar dan belajar mba. InsyAllah ilmunya berkah.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah coding nya tinggal copy paste yaa .. coba kalau suruh bikin sendiri? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah hehehe nangis aku kalo buat rumus coding sendiri :D

      Hapus
  5. Penjelasan yang komplit. Semangat terus Mba Annisa :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah....semangat kakak....kerennnnn

    BalasHapus

 
Top