27
Pencari Ilmu Tanpa Batas - Kalau soal menulis, mau dibahas sampai kapan pun tidak ada batasnya. Seperti dunia yang tanpa ujungnya. Layaknya lingkaran tanpa sudutnya. Seperti aku dan kamu yang tidak ada habisnya, eh.

pencari-ilmu-tanpa-batas.png

Sekali klik, akun whatsapp milikku sudah bergabung dalam grup Belajar Menulis Artikel. Link grup di share oleh kak Wildan Fuady, mentorku menulis dalam Pelatihan Menulis Online 15. Sahabat jikalau ingin mendaftar boleh. Sekarang lagi buka PMO 16. Sebelumnya aku juga telah mengenal kak Wildan saat menjadi narasumber diskusi online dalam grup Online Writing Class. Nah, dari situ aku mengetahui kalau beliau adalah mentor PMO dan founder Saung Literasi.

Dalam  Belajar Menulis Artikel ini sistemnya berbeda. Siapa yang tidak mengerjakan tugas akan tinggal. Tidak boleh naik level selanjutnya, dimana ada iming-iming materi baru yang menggiurkan. Mungkin jika sistem ini diberlakukan dalam PMO, aku akan ketinggalan level hehehe. Karena aku termasuk anak didik yang jarang aktif dalam PMO 15. Jangan ditiru ya:)

Materi pertama tentang blog. Apa itu blogspot, wordpress dan tumblr? Bagaimana cara membuat blog yang menarik? Semua penjelasan dibuat gamblang. Sebelum materi disampaikan, semua peserta dalam grup mengisi form google untuk di data email. Karena materi hanya akan dikirim lewat email. Setelah itu jika ada pertanyaan akan didiskusikan lewat grup. Nah, muncul tugas yang harus dikerjakan. Kenapa harus? Agar bisa naik level berikutnya. Yang mendapat materi selanjutnya hanya yang bisa naik level, jadi mau tidak mau kalau ingin belajar lebih jauh ya kerjakan tugasnya.

Semua materi itu gratis. Tetapi bisa dibilang berbayar, seharusnya. Namun dengan kami mengerjakan tugas yang diberikan secara tidak langsung membayar jerih payah kak Wildan dalam membimbing kami. Bisa dilihat mana yang serius dan tidak dalam konsisten mengerjakan tugas. Yah, tugas pertama kali ini menuliskan kesan pesan selama seminggu ini dimentori oleh kak Wildan.

Sejauh mata memandang apa yang disampaikan oleh kak Wildan bisa diserap dengan ekstra. Aku yang sama sekali belum pernah belajar tentang artikel atau serius dalam blog menjadi sangat antusias. Dulu sekali pernah buat blog (terpaksa) karena tugas dari guru SMP. Setelah itu mengendap dan menguap hilang tanpa jejak. Buat blog lagi pas SMA dan (kadang) masih ditengokin sampai sekarang. Ini buktinya hehehe. Tetapi? Belum maksimal la. Ladala bagaimana nasib selanjutnya? Ikuti terus perjuangan saya, eaaa. Semoga konsisten mempelajari dunia blog. Baca juga pengalamanku menghadapi level selanjutnya di sini, Pencari Ilmu Makin Tahu Semakin Tidak Tahu dan Seperti Mutiara yang Ditempa. 

Sampun. Sila komen sepuas-puasnya dan saran untuk saya beserta blog mungil ini. Arigatou gozaimasu. Salam literasi, menginspirasi negeri! See ya!

Posting Komentar

  1. Aku mulai masuk ke dunia kepenulisan juga melalui blog. Kalau ngga nulis di blog dulu mungkin aku ga bisa seperti sekarang ini. Lanjutkan nisa! Manfaatkan waktu dan kesempatanmu untuk jadi penulis berkualitas πŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak saskia, sejarah menulisnya dari blog ya, baru tahu saya nih. Siap mbak InsyaAllah:) bismillah

      Hapus
  2. Masya Allah kak ditunggu karya selanjutnya. jadi termotivasi untuk melebarkan sayap di dunia menulis lewat blog juga setelah membaca ini. Semoga Istiqomah kak. Salam literasi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas InsyaAllah. Aamiin. . Yuk nulis di blog juga hehehe salam literasi untuk negeri

      Hapus
  3. Hebat nisaa...dan saya suka...semngat terus yah..teruslah berkarya..sy tunggu tulisannya selanjutnya yah dek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak InsyaAllah ... (nggak muncul namanya hehehe) ku di sini menunggu tulisan mbak jugaa

      Hapus
  4. MasyaAllah. Keep fighting yaa ka.:) Aku suka dgn tulisannya. Saranku ke depannya bisa pakai front yg sesuai dgn tampilan blog. Krna yg ini kekecilan kasian mata yg baca. Hehe tapi untuk keseluruhan ini pembuka yg kece.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak insyaAllah.. Terimakasih sarannya, lain kali saya coba deh diatur dulu. Soalnya ini langsung saya post hehee

      Hapus
  5. Semangat terus untuk menulisnya!
    Semoga semakin cinta sama dunia literasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak insyaAllah.. Aamiin.. Terimakasih kak

      Hapus
  6. Semangat selalu annisa,, semoga bermanfaat bagi semua orang 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak insyaAllah.. Aamiin.. Ini juga unknown nggak muncul namanya hehehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. Waw kak nggak muncul namanya nih, siapa ya? Mau nebak takut salah :D

      Hapus
  8. Suka sama paparannya. Detail. Semangat terus Kak Nisa :)

    BalasHapus
  9. Tulisannya bagus banget nih kak, openingnya bikin orang langsung tertarik buat baca lebih lanjut 😍

    BalasHapus
  10. maa syaa Allah semangatnya dalam menulis...
    semoga istiqomah kak

    BalasHapus
  11. Masya Allah😍😍

    Apa kabar dengan blogku???huhuhu
    Menarik. Bikin penasaran tulisan ini looh... secara, aku enggak pernah belajar gimana bikin blog yang menarik. Blog yang ada ya gitu-gitu ajaπŸ˜…

    Semangat dan tetap istiqamah dalam belajar yaa...πŸ€—

    BalasHapus
  12. Paparan yang indah...semoga menginspirasi banyak orang...mbak icha kerenn

    BalasHapus
  13. Paparan yang indah...semoga menginspirasi banyak orang...mbak icha kerenn

    BalasHapus

 
Top