0



Ingin blog ramai dikunjungi? Coba Buat Artikelmu Lebih Menarik - Pernah kah saat kita membuka suatu blog dan merasa malas membacanya? Kok begini isinya. Terkadang judul dan isi artikel tidak sesuai. Bisa pula yang isinya terlalu monoton. Jadi bosan untuk melanjutkan membaca.

Nggak mau kan kalau ada orang yang buka blog kita terus nggak jadi buat baca artikel? Tenang. Kini ada solusinya. Gimana? Buat artikel yang kita tulis lebih menarik.

   1. Jebakan Kreatif
Hipnotis pembaca di awal-awal paragraf. Buat pikiran mereka penasaran dan memunculkan alasan kenapa harus membaca artikel kita sampai tuntas. Bisa satu sampai tiga paragraf terserah. Jangan langsung menyampaikan materi di jebakan kreatif ini. Pakailah qoute, pertanyaan (untuk menciptakan komunikasi dua arah dengan pembaca), atau kisah yang berkaitan dengan hal yang akan di sampaikan pada inti.

   2. Tahan sampai Tuntas
Pembca sudah berada dalam jebakan kita maka tahan mereka. Jangan sampai kita buat penasaran pembaca di awal tapi mengecewakan mereka di tengah. Jika pada awal kita memunculkan pertanyaan, maka pada bagian ini bahas jawaban dari pertanyaan tersebut. Kalau perlu cari referensi pendukung dari ergumen (bisa berupa dalil, bukti ilmiah, atau pendapat tokoh). Memakai analogi juga disarankan. Perumpaan yang dipakai akan memudahkan dalam memahami materi inti yang disampaikan pada bagian ini.

   3. Ambil Mangsa Kita
Terjebak sudah. Pertahanan berhasil. Saatnya eksekusi. Ambil perhatian (sekali lagi) pembaca agar bisa menangkap pesan penting yang ingin kita sampaikan dalam artikel, beik tersirat maupun tersurat. Buat mereka bisa mengambil hikmah dari apa yang kita tulis dalam artikel. Apa dampak positif setelah pembaca selesai membaca atau mempratikkan apa yang ada dalam artikel kitaa? Apa dampak negatif apabila pembaca tidak menangkap atau mempratikkan pesan yang disampaikan dalam artikel kita? Pikirkan itu semua dan susun dalam bagian terakhir ini agar kita berhasil dan sukses untuk mengambil mangsa kita.

Nah, itu dia tiga langkah yang disebut rumus Jetam (Jebakan kreatif, Tahan sampai tuntas, ambil mangsa kita). Bisa diterapkan saat membuat artikel. Ingat, saat menulis hindari mengecek atau membaca tulisan di atasnya. Tulis saja! Soal edit belakangan. Setelah selesai menulis endapkan atau biarkan tulisan beberapa saat atau bisa beberapa hari baru setelah itu kita edit. Agar otak kita fresh dan bisa mengedit lebih jeli serta teliti. Jadi kualitas tulisan yang dihasilkan lebih baik. hal ini juga lebih efisien dan produktif. Selamat mencoba! Keep Hamasah wa istiqomah! Arigatou Gozaimasu. Salam literasi, menginspirasi negeri! See ya!


Posting Komentar

 
Top