18



Ketika ditanya, kenapa kamu suka menulis? - Ada yang bisa menjawab? Hei, kamu yang di sana? Kenapa diam saja? Jangan hanya menyuarakan suaramu dalam tulisan, tapi hatimu juga perlu. Ingat itu!

Selain meyukai hujan dan senja serta bunga, aku, seorang mahasiswa pertanian juga suka menulis. Menurutku menulis itu ya menulis itu sendiri. Hah, jawaban macam apa itu. Anak SD juga bisa menjawabnya. Semua orang juga tahu. Jadi?

Menulis itu romantis. Kita bisa berlama-lama dengannya di dunia yang berbeda seolah milik kita saja. Tidak perlu meributkan hiruk pikuk di luaran sana. Sunyi, menepi, larut dalam pikiran. Bebas mengekspresikan apa saja. Jadi teman curhat resah gelisah. Jadi teman penghibur pelipur lara. Lengkap sudah.

Menulis itu gratis. Nggak perlu membayar mahal untuk menghibur diri. Cukup dengan menulis, semua rasa terluapkan. Ya, bagiku menulis dapat mencurahkan rasa yang tidak atau belum sempat dikeluarkan. Mengemukakan pikiran tanpa harus bersuara. Tidak perlu bingung mau keluar biaya berapa.

Menulis itu eksotis. Kok bisa? Ya, karena memiliki daya tarik sendiri sehingga bisa menebar manfaat seluasnya. Kita bisa menanam benih kebaikan dan panen buah hasil kebaikan tersebut. Resepnya dengan menulis untuk orang lain, tidak hanya bagi diri sendiri. Menulis dari hati tulus ikhlas. Tulisan yang baik akan berkesan di hati pembaca meski penulis telah tiada. Tulisannya akan abadi di dunia, dikenang selamanya. Bahagia nggak kalau ada orang yang berubah jadi lebih baik, termotivasi, menjadi lebih semangat karena membaca tulisan kita?

Jadi, kenapa aku suka menulis? Karena menulis itu romantis, gratis dan eksotis. Tak perlu panjang lebar. Cukup tiga kata penuh kepastian. Seperti aku, kamu dan kita. Semangat. Ayo tuliskan isi hati dan pikiranmu! Jangan sampai menyesal nanti kalau menulis semenyenangkan ini! Dan asal kamu tau, menulis masuk dalam daftar sumber kebahagiaanku.



Posting Komentar

  1. Mau minta saran nih Bagaimana sih mbak cara kita bagi para pemula untuk menyukai menulis,sedangkan kita tidak punya basic di ranahnya sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Semua punya basic dalam menulis. Balas chat WA juga menuliskan (re:mengetik)? Kalau mau suka nulis, cari motivasi yang buat kita semangat untuk nulis. Buat motivasi yang banyak, sehingga saat motivasi pertama pupus, masih ada motivasi lain yang bisa buat bangkit untuk menulis. Kalau masih saja belum bisa suka sama nulis? Cari terus dan latihan everyday. Bentuk kebiasaan menulis. Motivasi dan membentuk kebiasaan itu penting. :)

      Hapus
  2. Menulis untuk teman hidup sampai mati :)

    BalasHapus
  3. Wanna follow my blog, juann?? Salam nich dr puput yg suka nulis hugs wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. of course, sini sini dibawa kenalan blog nya puut

      Hapus
    3. Yo, salam dari kota sebelah. Kota knalpot.

      Yg komen blogger-blogger akktif semua.

      Kunbal blogku juga ya.

      Hapus
  4. Izin menggelar lapak ya, keren banget tulisannmu, syukaa😍

    BalasHapus

 
Top